Aneka Jajanan Pasar Modern Terlaris Yang Mudah Dibuat

aneka jajanan pasar modern

Indonesia kaya akan aneka jajanan pasar modern yang memanjakan lidah. Jajan pasar modern merupakan makanan tradisional yang memadukan resep terdahulu dengan selera yang lebih kekinian. Karena dibuat menggunakan bahan alami, maka daya simpan makanan ini cenderung singkat dan mudah basi. Meskipun begitu, jajan pasar termasuk cemilan sehat dan aman karena tidak menggunakan pengawet di dalamnya.

Bentuk dan jenis jajanan pasar sangat bervariatif dari daerah dengan yang lainnya. Dari segi bahan umumnya cukup mudah ditemukan. Dan yang terpenting, cara membuatnya juga mudah. Dengan membuatnya sendiri, Anda bisa berkreasi dengan resep jajanan baru sesuai selera anda.

Aneka Jajanan Pasar Modern Terpopuler

Aneka jajanan pasar modern ini bisa menjadi ide untuk jualan. Berikut ini ada beberapa jenis jajanan pasar yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah:

1. Getuk

getuk

Getuk adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah. Panganan yang terbuat dari singkong sebagai bahan bakunya ini memiliki dua varian yakni kukus dan goreng. Getuk memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa manis karena terbuat dari campuran gula dan juga singkong yang di haluskan. Untuk getuk kukus, biasanya disajikan dengan kelapa parut sebagai pelengkapnya.

2. Klepon

klepon

Klepon merupakan jajanan tradisional yang cukup populer. Jika anda sedang mencari resep kue ekonomis untuk jualan, maka anda dapat menjatuhkan pilihan pada makanan yang satu ini. Pada umumnya klepon terbuat dari campuran tepung ketan dan juga sedikit tepung tapioka. Inilah yang menyebabkan kue tradisional tersebut memiliki rasa kenyal yang khas.

Jika anda memakan klepon, anda akan merasakan sensasi letupan cairan gula merah yang manis didalamnya. Karena jajanan pasar tersebut memang diisi dengan gula merah sebagai penambah cita rasa. Klepon juga memiliki tampilan yang khas yakni diselimuti dengan taburan kelapa parut.

3. Lemper

lemper ayam

Meskipun bukan aneka jajanan pasar modern, namun lemper juga merupakan salah satu resep jajanan pasar populer yang cukup banyak peminatnya. Lemper terbuat dari beras ketan yang dikukus dan diisi dengan daging cincang maupun abon. Lemper biasanya menggunakan daun pisang sebagai pembungkus. Berdasarkan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Lemper memiliki dua varian yaitu lemper yang dibuat dengan cara dikukus dan dibakar.

4. Nagasari

nagasari

Resep kue basah dari tepung beras yang cukup populer adalah nagasari. Nagasari merupakan jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Meski hadir dengan tampilan yang sederhana, namun nagasari ini masih memiliki banyak peminat. Tentu karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal. Apalagi dengan tambahan irisan pisang didalamnya, menambah lezat cita rasa kue basah tersebut. Perpaduan adonan dengan pisang rasanya membuat kita ingin terus mengunyahnya.

5. Onde-Onde

onde-onde

Onde-onde menjadi salah satu resep jajanan pasar terlaris saat sekarang. Onde-onde merupakan jajanan yang terbuat dari tepung ketan. Jajanan ini biasanya diisi dengan kacang hijau didalamnya. Onde-onde merupakan kue yang  memiliki bentuk bulat dengan taburan wijen pada permukaan kulitnya. Isian kacang hijau untuk onde – onde biasanya sudah dihaluskan dan hilangkan kulit arinya.

6. Kue Lumpur

kue lumpur

Kue lumpur memiliki aroma yang khas yakni aroma pandan dan vanila. Apabila anda menyukai kue dengan tekstur lembut, maka kue lumpur dapat menjadi pilihan. Kue lumpur terbuat dari santan, tepung terigu, kentang, vanila, telur dan juga taburan kismis. Kue lumpur merupakan jajanan pasar kekinian yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Cita rasa yang khas dari kue tradisional tersebut membuat kue lumpur menjadi kue yang cukup digemari.

7. Misro

misro

Jika anda mencari resep kue ekonomis untuk jualan, maka anda dapat menjatuhkan piluhan pada Misro. Misro terbuat dari beberapa bahan utama yaitu seperti parutan singkong, tepung tapioka, dan gula merah. Misro biasanya juga memiliki isian yang khas yaitu sambal oncom dan gula.

Misro merupakan singkatan dari “amis dijero” yang artinya adalah kue yang memiliki isian manis di dalamnya. Ini merupakan makanan khas dari daerah Sunda. Ciri khas dari Misro adalah sensasi rasa gurih dari singkong yang berpadu dengan rasa manis dari combro dan gula. Cita rasa yang khas tersebut membuat misro memiliki cita rasa unik yang khas.

8. Kue Lapis

kue lapis

Aneka jajanan pasar modern yang tidak kalah laris adalah kue lapis. Kue lapis memiliki penampilan yang unik dengan perpaduan dua warna atau lebih. Jajanan ini merupakan kue favorit anak-anak karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis.

Kue lapis merupakan resep kue basah dari tepung beras yang cukup populer. Kue lapis terbuat dari perpaduan tepung beras, tepung tapioka, gula, santan dan juga vanili. Kue lapis  memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih karena campuran dari santan.

9. Cenil

cenil

Cenil juga merupakan resep kue jajanan pasar terlaris yang masih banyak dicari. Jajanan pasar ini mempunyai cita rasa yang enak dan lembut. Meski banyak yang menjualnya, namun anda perlu memilih mana yang cita rasanya benar – benar enak.

Makanan dengan tekstur kenyal dan berwarna-warni ini memang memiliki rasa yang khas. Cenil biasanya disajikan dengan taburan gula pasir dan kelapa parut. Warnanya yang cantik dan rasanya yang lezat membuat panganan tradisional ini banyak disukai oleh para pecinta kuliner. Di beberapa daerah, penyajian cenil bahkan biasanya dicampur dengan klepon.

10. Putu Ayu

putu ayu - resep kue basah

Putu ayu merupakan salah satu dari aneka jajan pasar kukus. Putu ayu terbuat dari tepung dan dimasak dengan cara dikukus. Taburan kelapa parut pada kue tradisional ini menjadi kombinasi yang pas.

Putu ayu biasanya memiliki tampilan yang cantik dengan warna hijau dan putih. Kue tersebut bercita rasa manis dengan sedikit gurih karena adanya taburan parutan kelapa diatasnya. Dan yang paling menarik, aroma kue kukus yang satu ini mungkin akan membuat anda tidak sabar untuk segera menyantapnya.

11. Bika Ambon

bika ambon

Salah satu dari aneka jajanan pasar modern yang cukup populer adalah Bika Ambon. Meskipun membawa nama Ambon dibelakangnya, kue tradisional ini ternyata tidak beerasal dari daerah Ambon. Kue Bika dengan tekstur berongga tersebut ternyata berasal dari daerah Medan, Sumatra Utara.

Kue ini cukup populer dan menjadi salah satu oleh-oleh yang khas apabila anda berkunjung ke kota Medan. Dan jika dibandingkan dengan jajanan pasar lainnya, Bika Ambon ini mempunyai harga yang lebih mahal.

12. Pukis

kue pukis

Untuk anda pecinta jajanan tradisional, tentu tidak asing dengan yang namanya kue pukis. Kue pukis banyak dijual oleh para pedagang kaki lima. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Dan saat anda mencium aromanya, rasa manis dan wangi ala kue ini seolah melekat di lidah anda.

Anda akan mendapati aneka topping yang berbeda pada kue pukis. Topping yang banyak digunakan anatara lain adalah mesis, cokelat, keju dan susu. Kue pukis sangat nikmat apabila disajikan selagi hangat. Biasanya kue pukis banyak dijual pada pagi hari karena sangat cocok untuk dijadikan makanan untuk sarapan.

13. Lemet

lemet

Lemet adalah makanan yang berbahan dasar singkong parut. Lemet diberi tambahan gula merah dan juga kelapa parut. Lemet biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Lemet memiliki rasa manis legit, sehingga banyak yang suka menjadikan makanan tersebut sebagai camilan ringan. Meskipun masuk dalam kategori cemilan, Anda akan merasa kenyang setelah menyantapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*