Bagaimana Cara Memotret Di Tempat Gelap Dengan Kamera Smartphone?

cara memotret di malam hari dengan kamera smartphone

Bagaimana cara memotret di tempat gelap dengan kamera smartphone? pertanyaan ini seringkali muncul saat Anda tidak tau cara memotret di kondisi yang gelap.

Memotret di tempat yang kondisinya kurang cahaya, bukanlah hal yang mudah. Mengingat untuk mengambil foto yang bagus dibutuhkan pencahayaan sekitar yang cukup.

Cara Memotret Di Tempat Gelap

Apabila Anda menggunakan smartphone, maka aktivitas ini tentu akan berat karena sensornya yang lebih kecil dari kamera saku. Oleh karena itu, masipin akan memberikan beberapa cara memotret di tempat yang gelap dengan menggunakan smartphone.

1. Menggunakan Flash

Menggunakan flash merupakan salah satu cara untuk memotret di tempat yang gelap. Dengan bantuan flash, akan menghasilkan cahaya yang cukup untuk foto. Namun dengan menggunakan flash biasanya menjadikan bidikan foto menjadi tak menarik karena cahaya flash terlalu keras sehingga bayangan nyata akan muncul di belakang objek foto.

Untuk menutupi efek flash tersebut, Anda bisa melakukan diffuse dengan selembar tisu agar cahaya yang dikeluarkan flash tidak terlalu keras. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan flash dari smartphone lain untuk menyinari objek, tentunya dengan teknik diffuse juga.

Baca juga: 10 aplikasi perekam layar hp

2. Menggunakan Night Mode

Di smartphone keluaran terbaru, fitur modus malam kini sudah tersedia. Anda dapat memaksimalkan foto dengan smartphone menggunakan fitur ini saat malam hari.

Cara kerja modus malam mirip dengan HDR yakni memotret gambar pada tingkat kecerahan yang berbeda. Ada beberapa foto yang kemudian digabungkan sehingga mendapat foto yang tingkat kecerahannya lebih baik di setiap sudutnya.

Baca juga: aplikasi kamera hitam putih terbaik

3. Memilih Modus Manual

Secara default, kamera smartphone sudah tersetel secara otomatis. Namun, apabila ada menu manual selalu pilih fitur itu untuk mengambil foto pada malam hari. Hal itu diperlukan agar kamera smartphone tidak ditentukan secara otomatis oleh aplikasi.

Modus manual biasanya akan menawarkan tiga pengaturan utama yakni aperture, Iso, dan kecepatan shutter. Apabila terdapat cahaya sedikit pada objek, maka Anda bisa meningkatkan ISO atau memperlama kecepatan shutter. Pilih keseimbanghan yang paling tepat secara manual untuk menghasilkan foto yang bagus.

Baca juga: cara cek resi jne via hp

4. Menggunakan file RAW

Ada banyak smartphone android yang kini dapat memberi file RAW alih-alih JPG untuk format fotonya. Gambar RAW merupakan gambar yang tidak dikompresi. Hal itulah yang membuat semua data yang ditangkap sensor tak dikonversi menjadi gambar yang biasanya Anda terima.

Kualitas file RAW tidak menghilang, namun bisa Anda edit sendiri. Kelemahannya yaitu ukurannya jauh lebih besar.

Baca juga: aplikasi google camera terbaru

5. Mengedit Foto

Edit foto merupakan salah satu alternatif jika mendapat foto yang berada di tempat gelap. Pengeditan sama pentingnya dengan pemotretan. Terlebih lagi, pada foto yang minim cahaya. Dengan editing foto, maka Anda dapat menaikkan white balance, kecerahan, hingga pengurangan noise untuk mempercantik foto.

Ada beberapa aplikasi edit foto yang dapat Anda gunakan untuk mengedit foto yang kurang cahaya seperti aplikasi snapseed, VSCO, dan lainnya.

Demikian cara memotret di tempat gelap menggunakan kamera smartphone android. Apabila Anda sudah terlanjur foto di tempat gelap, maka Anda dapat melakukan langkah terakhir yaitu mengedit foto dengan aplikasi kamera kekinian agar foto menjadi lebih bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*