10 Resep Kue Basah Dari Tepung Beras Paling Populer di Indonesia

resep kue basah dari tepung beras

Anda tertarik mencoba berbagai resep kue basah dari tepung beras yang mempunyai cita rasa manis dan tekstur lembut? Baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual, 10 resep ini perlu diketahui. Menurut anda, kue apa yang paling enak? yuk simak ulasannya berikut ini.

Bukan rahasia lagi jika beras merupakan salah satu komoditi pangan yang paling besar di Indonesia. Selain diolah menjadi makanan pokok yaitu nasi, beras juga dapat diolah menjadi tepung. Tepung beras adalah salah satu bahan utama yang dapat diolah menjadi beberapa macam makanan. Mulai dari cemilan hingga kue, banyak yang menggunakan bahan yang satu ini.

Resep Kue Basah Dari Tepung Beras

Aneka jajanan pasar populer juga banyak yang menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya. Berikut akan diulas beberapa resep kue basah dari tepung beras yang paling populer di Indonesia:

1. Nagasari

nagasari

Jika anda mencari resep kue basah dari tepung beras yang paling populer di Indonesia, maka nagasari adalah salah satunya. Nagasari merupakan kue dari tepung beras dan kelapa, kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih karena perpaduan dari tepung beras, gula dan juga santan kelapa.

Kue nagasari dapat anda temui dengan mudah di pasar tradisional. Kue nagasari biasanya dihidangkan pada acara-acara khusus seperti arisan maupun hajatan. Rasanya yang manis dan gurih semakin nikmat dengan penambahan pisang sebagai isian di dalamnya.

Nagasari juga merupakan makanan sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami dan juga tidak menggunakan pengawet. Namun karena tidak menggunakan pengawet, kue tradisional ini tidak bisa bertahan lama dan mudah basi.

2. Kue Talam

kue talam resep kue basah dari tepung beras

Resep kue basah dari tepung beras yang kedua adalah kue talam. Kudapan yang satu ini juga masuk dalam kategori resep kue yang praktis untuk dijual, Lho. Kue Talam memiliki banyak varian mulai dari talam yang terbuat dari ubi, singkong, labu, jagung, dan lainnya.

Pada dasarnya, resep kue talam tepung beras terbuat dari campuran tepung beras, tepung tapioka, santan dan gula. Selanjutnya semua bahan tersebut dicampur menjadi satu dengan bahan utamanya mulai dari ubi, singkong labu ataupun pisang yang telah dihaluskan. Setelah semua bahan tercampur, kemudian kue talam dikukus dengan menggunakan cetakan hingga matang sempurna.

3. Putu Ayu

putu ayu - resep kue basah

Seperti namanya, kue ini memiliki tampilan yang cantik dan bau yang sangat harum khas pandan. Putu ayu merupakan resep kue tepung beras kukus yang terbuat dari campuran tepung beras, telur, gula, santan dan juga daun pandan sebagai pewarna alaminya.

Putu ayu memiliki rasa yang khas yaitu manis, gurih dan sedikit lembab. Karena kue ini memang dimasak dengan cara dikukus. Karena bentuknya yang cantik dan unik, maka putu ayu ini sering dijadikan sebagai salah satu suguhan di berbagai acara.

4. Kue Lapis

kue lapis

Siapa yang tidak mengenal kue lapis? Kudapan ini merupakan salah satu jajanan pasar yang cukup popular. Jadi dapat anda temui dengan mudah di Indonesia. Kue lapis terlihat unik karena memiliki lapisan yang berbeda warna. Kudapan yang satu ini memiliki rasa yang manis dan kenyal. Tekstur kenyal ini berasal dari perpaduan tepung beras dan tepung tapioka.

Kue lapis terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung tapioka, santan, gula dan juga pewarna. Semua adonan dicampur menjadi satu dan diberi pewarna yang berbeda agar terlihat lebih menarik. Untuk mendapatkan kue yang berlapis, adonan dikukus satu persatu dengan warna yang berbeda-beda agar menjadi kue lapis dengan susunan warna yang cantik.

5. Putu Mayang

putu mayang

Berbeda dengan putu ayu, putu mayang memiliki penampilan seperti mie dengan siraman kinca (saus gula merah). Jajanan ini terlihat cantik karena biasanya terdiri dari beberapa warna yang berbeda. Putu mayang merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung tapioka, santan dan gula.

Untuk membuat putu mayang, semua adonan dicampur menjadi satu sehingga menjadi kental dan halus. Setelah adonan menjadi kental, adonan kemudian dicetak dengan menggunakan cetakan mie. Jangan lupa mewarnainya terlebih dahulu sebelum anda menuangkan adonan pada cetakan. Putu mayang dimakan dengan siraman dari saus kinca yang legit.

6. Kue Cucur

kue cucur

Kue cucur memiliki penampakan bergelombang dan menggembung pada bagian tengahnya. Rasanya sangat khas karena perpaduan dari rasa manis, legit sekaligus basah yang bercampur menjadi satu. Kue cucur terdiri dari santan, gula merah, tepung beras, tepung tapioka dan juga bahan pengembang. Setelah semua bahan dicampur, kemudian adonan digoreng dengan menggunakan minyak panas dan banyak.

7. Kue Apem

kue apem

Salah satu resep kue basah dari tepung beras yang mudah dibuat adalah apem. Jajanan tradisional ini memiliki tampilan yang mirip dengan surabi namun adonannya jauh lebih kental dari surabi. Apem terbuat dari campuran tepung beras, telur, gula merah, santan dan juga ragi.

Apem ini memiliki ciri khas yaitu teksturnya yang berongga. Untuk mendapatkan tekstur yang berongga, apem harus didiamkan terlebih dahulu selama semalaman agar apem menjadi mengembang dan berpori.

8. Carabikang

kue carabikang

Kue jadul yang satu ini memiliki tampilan yang sangat unik karena bentuknya yang mekar dan berwarna-warni. Kue Carabikang ini biasanya dapat ditemui dengan mudah di acara-acara khusus seperti hajatan dan lain sebagainya.

Carabikang memiliki tekstur yang berserat, kue ini terbuat dari perpaduan tepung beras, terigu, gula, telur, santan dan sedikit tepung tapioka. Kue ini dipanggang di dalam cetakan berbentuk bulat dan sangat nikmat apabila disantap dalam kondisi hangat.

9. Kue Pancong

kue pancong

Kue Pancong pada awalnya merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah Betawi. Bentuknya sangat khas yaitu menyerupai setengah lingkaran dengan topping di bagian atas. Kue pancong klasik biasanya hanya diberi taburan gula pasir dan kelapa diatasnya. Namun, saat ini kue pancong naik kelas menjadi jajanan pasar kekinian yang mempunyai nilai jual tinggi.

Kue pancong modern merupakan modifikasi dari kue tradisional. Dimana kue pancong modern terlihat lebih menarik dengan aneka topping yang unik di bagian atasnya. Mulai dari coklat, keju, nutella, meses dan lain sebagainya. Dengan tekstur yang lembut dan aneka topping yang menarik, kue ini berhasil merebut hati para generasi milenial untuk mencicipi jajanan pasar yang satu ini.

Umumnya kue pancong dibuat dengan mencampurkan tepung beras, santan, gula, garam dan kelapa parut. Kue pancong dicetak dengan wadah yang menyerupai kue pukis. Meskipun sekilas tampilannya agak mirip, rasa dari kedua kudapan ini tentu beda jauh ya.

10. Kue Pepare

kue pepare

Kue Pepare merupakan resep kue dari tepung beras ketan yang memiliki tampilan yang unik karena mirip seperti sayur pare. Kue Pepare biasanya dibuat dari campuran tepung beras ketan, santan, garam dan pasta pandan. Dengan warna hijau yang cantik, kue Pepare ini juga memiliki rasa yang lezat. Jika anda mencari resep kue tepung beras isi gula merah, maka kue Pepare ini adalah jawabannya. Kue papare semakin nikmat karena isian inti kelapa didalamnya.

Demikianlah tadi beberapa resep kue basah dari tepung beras yang cukup populer di Indonesia. Kue dari tepung beras merupakan makanan yang sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet di dalam proses pembuatannya. Namun, kekurangannya kue ini tidak tahan lama dan cepat basi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*