10 Resep Kue Jajanan Pasar Terlaris Yang Mudah Dibuat

resep kue jajanan pasar terlaris

Jajanan pasar merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di nusantara. Lalu, apa saja resep kue jajanan pasar terlaris saat ini?

Jajan legendaris yang murah meriah ini nyatanya tetap eksis sampai sekarang. Jajanan pasar biasanya banyak dijual di pasar tradisional hingga hotel bintang lima. Tentunya beragam jajanan pasar tersebut diolah sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai lebih dalam hal cita rasa dan tampilannya.

Jajan pasar juga sering dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Selain enak untuk dikonsumsi sendiri, jajanan pasar ini juga bisa dijual. Selain itu, untuk memulai usaha jajanan pasar memang biasanya tidak memerlukan modal yang besar alias dapat dijalankan dengan budget minimalis.

Resep Kue Jajanan Pasar Terlaris

Jajanan pasar merupakan kue tradisional yang masih mendapatkan sambutan hangat dari para pecinta kuliner. Berikut akan diulas resep kue jajanan pasar terlaris yang tetap eksis dari dulu hingga sekarang.

1. Kue Pukis

kue pukis

Aneka jajanan pasar yang mudah dibuat salah satunya adalah kue pukis. Untuk membuat makanan tersebut, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti tepung, santan, telur, gula dan juga ragi. Kue pukis memiliki tekstur lembut dan sangat nikmat apabila dihidangkan dalam kondisi hangat.

Kue pukis dapat ditemui dengan mudah karena termasuk resep jajanan pasar terpopuler di Indonesia. Pukis diolah di dalam cetakan khusus yang sebelumnya diolesi mentega. Hal ini supaya pukis tidak melekat pada cetakan. Saat pukis setengah matang, Anda bisa menaburkan beragam topping sesuai selera.

2. Gemblong

gemblong

Siapa yang tidak mengenal gemblong, makanan yang berasal dari tepung ketan dengan cita rasa manis dan gurih. Meski jajan tempo dulu, namun gemblong ini masih diminati oleh masyarakat hingga kini. Gemblong dapat ditemui dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

Gemblong terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung ketan, kelapa parut, dan juga santan. Gemblong ini dibuat dengan cara digoreng dan berselimut gula merah sebagai sausnya. Jika anda mencari resep kue ekonomis untuk dijual, gemblong mungkin menjadi pilihan yang tepat. Untuk membuat kue ini, Anda tidak membutuhkan modal besar sehingga sangat cocok dijadikan sebagai usaha sampingan dengan modal minimalis.

3. Klepon

klepon

Hampir sama seperti gemblong, klepon juga merupakan jajan pasar yang mudah cara membuatnya. Namun bedanya, jika Gemblong dibuat dengan cara di goreng maka klepon ini termasuk aneka jajan pasar kukus. Klepon terbuat dari campuran tepung ketan dan juga tepung tapioka.

Karena adanya campuran tepung tapioka didalamnya, maka klepon ini bertekstur kenyal. Klepon biasanya berwarna hijau menggoda dengan taburan kelapa parut diatasnya. Uniknya lagi, jajanan yang satu ini juga diberi isian gula merah didalamnya. Rasakan sensani lumer pada gigitan pertama.

4. Donat kentang

donat kentang

Donat merupakan salah satu resep kue jajanan pasar terlaris yang banyak kita jumpai dipasar. Cemilan ini juga dapat dibuat dengan modal yang tidak besar. Salah satu jenis donat yang cukup populer adalah donat kentang. Seperti namanya, donat kentang merupakan donat yang diberi tambahan kentang didalamnya. Kentang membuat tekstur donat menjadi lebih empuk dan mengembang dengan maksimal.

Makanan dengan tekstur empuk ini biasanya disajikan dengan taburan gula halus sebagai pelengkap. Atau anda juga dapat berkreasi dengan membuat tampilan donat mennjadi lebih menarik. Caranya yakni dengan berkreasi membuat donat karakter.Tampilan menarik dan rasa yang enak tentu menyulap jajanan sederhana ini menjadi jajanan pasar kekinian  yang mempunyai nilai jual tinggi.

5. Surabi

surabi

Jika anda mencari jajanan pasar yang banyak dijual dipagi hari, maka kue surabi adalah salah satunya. Surabi memiliki cita rasa yang otentik dengan perpaduan tepung, santan serta penambahan gula merah sebagai bahan kuahnya. Di Indonesia sendiri, Surabi banyak dijajakan di pagi hari. Selain enak, jajanan ini juga dapat dibeli dengan harga yang murah meriah, lho. Jadi tidak perlu takut merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat menikmati jajanan pasar yang satu ini. Jika ingin membuatnya sendiri, Anda bisa memilih topping tambahan dari nangka bahkan durian.

6. Cucur

kue cucur

Kue tradisional ini terkenal dengan rasanya yang manis.  Cucur juga terbuat dari bahan-bahan yang sederhana yang ekonomis dan mudah didapatkan. Untuk membuat jajanan yang satu ini, Anda hanya perlu menyiapkan tepung beras, tepung terigu, garam, gula merah, dan juga minyak goring.

Pertama-tama gula merah dicairkan terlebih dahulu, kemudian masukkan tepung terigu, tepung beras, garam dan juga air secukupnya. Setelah semua bahan tercampur, Anda dapat mengaduk semua bahan tersebut hingga rata lalu kemudian mendiamkannya selama kurang lebih 4 jam. Setelah itu goreng menggunakan api sedang. Untuk mendapatkan tekstur berongga khas kue cucur, Anda dapat menyiram minyak panas pada bagian tengah cucur ketika dalam proses penggorengan.

7. Pumpkin Kue Kuh

pumpkin kue kuh

Kue Kuh atau kue tok pada umumnya terbuat dari tepung ketan sebagai bahan utamanya. Namun anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan bahan lainnya, salah satunya adalah labu kuning. Kue kuh yang terbuat dari labu kuning yang bercampur dengan tepung ketan menghasilkan cita rasa khas yang berbeda dibandingkan kue kuh pada umumnya.

Kue yang satu ini biasanya memiliki ciri khas yaitu terdapat isian didalamnya. Anda dapat menambahkan isian seperti inti kelapa atau kacang hijau yang telah dihaluskan kedalam kue tersebut. Kue kuh ini masuk dalam kategori aneka jajanan pasar yang mudah dibuat di rumah. Meskipun banyak makanan modern bermunculan, namun keberadaaan jajanan pasar ini tetap tidak dapat tergantikan. Buktinya, makanan tersebut tetap ramai peminat dari waktu ke waktu.

8. Kue Lumpur

kue lumpur

Kue lumpur merupakan salah satu dari aneka jajanan pasar yang mudah dibuat, bahkan tidak memerlukan oven dalam proses pembuatannya. Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa yang manis dan gurih karena campuran santan kelapa dan juga gula. Kue lumpur terbuat tepung terigu yang telah di campurkan dengan bahan-bahan tertentu seperti telur, margarin, vanili, dan juga santan. Kue lumpur juga biasanya disajikan dengan tambahan beragam topping sesuai selera.

9. Bolu Kukus

bolu kukus

Bolu kukus juga merupakan resep kue jajanan pasar terlaris yang banyak disukai saat ini.  Dengan tekstur yang lembut dan rasanya yang manis, bolu kukus selalu mempunyai tempat dihati penikmatnya. Bolu ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, dan emulsifier atau pengembang kue.

Bolu kukus merupakan salah satu jajanan pasar terpopuler yang disukai anak-anak. Tidak lain tidak bukan adalah karen selain rasanya yang lezat, bolu kukus juga memiliki penampilan yang unik karena perpaduan warna-warna yang cantik pada kue ini.

10. Molen Pisang

molen pisang

Gorengan merupakan salah satu makanan yang tidak pernah sepi peminat, salah satunya adalah molen. Gorengan bertekstur krispi tersebut semakin nikmat dengan tambahan buah pisang sebagai isiannya. Meskipun molen klasik biasnya diisi dengan pisang, namun banyak pedagang yang berkreasi dengan aneka isian molen. Mulai dari kacang hijau, coklat, keju hingga buah-buahan dapat dijadikan sebagai bahan isian molen.

Demikian tadi beberapa resep kue jajanan pasar terlaris yang recomended untuk anda cicipi. Selain itu, Anda juga bisa mengambil peluang bisnis jajanan pasar yang selalu laris di pasaran ini. Dengan sedikit sentuhan, Anda bisa menyulap beraneka jajanan di atas mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*