8 Ide Usaha Sampingan Di Desa yang Menguntungkan

usaha sampingan di desa

Berbisnis di desa bukanlah sebuah hal mustahil untuk dilakukan. Banyak peluang bisnis yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di desa. Ada banyak tipe bisnis yang dapat Anda jalankan, mulai dari yang minim modal hingga yang membutuhkan modal besar dari sisi operasionalnya.

Ada banyak usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Beberapa usaha dapat diadopsi sebagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga di desa.

Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan

Banyak peluang usaha sampingan di desa yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang sangat potensial. Apa saja jenis usaha yang bisa Anda coba? Berikut akan diulas beberapa referensi usaha sampingan di desa yang dapat menjadi acuan untuk Anda yang baru akan memulai merencanakan untuk membuka usaha.

1. Bisnis Kosmetik

bisnis kosmetik

Menciptakan peluang usaha di desa bisa dibilang susah-susah gampang. Banyak jenis usaha yang dapat dilakukan, tetapi tidak semua usaha tersebut dapat menjanjikan kesuksesan. Anda perlu jeli untuk menganalisa peluang usaha mana yang tepat untuk dijalani. Nah, salah satu referensi usaha potensial di desa adalah usaha untuk menjual kebutuhan-kebutuhan penting, salah satunya yaitu kosmetik.

Seperti yang Anda ketahui, kosmetik merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kaum wanita. Jadi hal ini merupakan peluang usaha yang sangat baik untuk dijalankan. Untuk memulainya, Anda juga tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya perlu menyetok beberapa sampel kosmetik saja sebagai bahan promosi, selanjutnya jika ada pemesanan Anda dapat berbelanja lebih banyak.

2. Berjualan Jajan Pasar

jajan pasar

Berjualan jajanan pasar merupakan usaha jajanan rumahan yang dapat dijadikan sebagai salah satu inovasi usaha di desa. Jajan pasar merupakan salah satu camilan khas desa yang masih banyak penikmatnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mereka menyukai jajanan tersebut sebagai camilan di waktu senggang.

Nah, tak ada salahnya Anda mencoba untuk menciptakan peluang usaha dari bisnis jajanan pasar tersebut. Untuk metode penjualannya, Anda dapat mencoba beberapa cara, antara lain adalah dengan membuka kios khusus jajanan pasar atau berjualan keliling dan menitipkannya di warung dan pasar tradisional.

Membuat jajanan pasar merupakan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang cukup menjanjikan. Untuk memulai usaha ini Anda tidak membutuhkan modal besar. Mengingat jajanan pasar merupakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana. Untuk memasaknya Anda tidak perlu alat-alat khusus sehingga sangat praktis dijalankan oleh pengusaha pemula sekalipun.

3. Usaha Salon

usaha salon kecantikan

Usaha sampingan di desa dapat tumbuh dan berkembang dari ide yang sederhana sekalipun, salah satunya adalah dengan membuka salon kecantikan. Dari yang sederhana seperti memotong rambut hingga perawatan wajah dan tubuh. Usaha salon merupakan salah satu usaha yang cukup potensial baik di desa maupun di kota-kota besar.

Untuk membuka usaha yang satu ini, Anda juga dapat memulainya dengan modal yang minimalis sekalipun. Usaha salon bisa dibilang merupakan usaha yang minim resiko kegagalan. Hanya saja, sebagai pelaku jasa Anda harus tetap senantiasa berusaha untuk meningkatkan skill dan kualitas pelayanan agar konsumen puas dan tidak berpindah ke kompetitor.

4. Beternak Lele

ternak lele

Menciptakan peluang usaha di desa bukan sesuatu yang mustahil. Beternak adalah salah satu usaha sampingan di desa yang dapat dijadikan pilihan. Untuk memulai usaha yang satu ini, Anda harus berfokus untuk memberikan makanan ikan lele.

Dimana aktifitas ini dapat dilakukan pada waktu pagi dan sore hari. Jadi bertenak lele dapat menjadi usaha sampingan yang membuat Anda tetap dapat melakukan pekerjaan lainnya. Beternak lele sebenarnya dapat dilalui dengan beberapa tahapan, yaitu

  • Pemijahan

Pemijahan adalah sebuah proses mengambil telur dari lele jantan dan lele betina yang kemudian menetas menjadi bibit-bibit lele. Untuk proses yang satu ini, Anda perlu memberikan makanan yang berupa cacing sutra pada benih-benih tersebut.

  • Pembesaran

Setelah bibit lele mencapai ukuran tertentu, maka proses yang selanjutnya adalah pembesaran. Pembesaran ini dilakukan dengan memberi makan lele dengan pakan khusus secara teratur sehingga mencapai ukuran tertentu dan siap untuk dipanen.

Usaha ternak lele merupakan salah satu usaha potensial di desa yang dapat ditekuni. Untuk melakukan usaha yang satu ini, Anda harus menyiapkan lokasi khusus yang digunakan untuk membuat kolam-kolam yang nantinya digunakan untuk pembesaran ikan lele. Lele termasuk salah satu hewan yang mudah dirawat karena dapat hidup di air keruh sekalipun. Jadi, usaha ini sangat recomended bagi Anda yang hidup di desa.

5. Beternak Ayam

beternak ayam

Beternak ayam merupakan salah satu peluang usaha di desa berkembang. Pasokan ayam memang sangat dibutuhkan, terutama untuk dipasok ke kota-kota besar. Tentunya untuk keperluan baik skala rumahan maupun kebutuhan penjualan di rumah makan dan restoran.

Jadi tak salah jika menjadikan usaha yang satu ini sebagai salah satu usaha sampingan di desa yang cukup menjanjikan. Meskipun begitu, Anda perlu merogoh kocek lumayan untuk memulai usaha yang satu ini.

6. Usaha Budidaya Jamur Tiram

budidaya jamur tiram

Ingin mendapatkan penghasilan tetap setiap harinya? Anda dapat mengembangkan usaha yang satu ini. Bertani jamur tiram merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan di desa yang sangat recomended untuk dicoba. Usaha budidaya jamur tiram ini sangat potensial dan dapat dikerjakan dengan modal yang tidak terlalu besar

Usaha budidaya jamur tiram cocok dilakukan di wilayah pedesaan karena di tempat tersebut bahan-bahan baku pembuatannya bisa dibilang cukup murah. Untuk budidaya jamur tiram, Anda membutuhkan beberapa peralatan seperti serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasa digunakan untuk pakan ayam.

Untungnya lagi, usaha ini tidak membutuhkan tempat yang luas untuk digunakan sebagai lahan untuk budidaya. Jadi sangat praktis dan strategis untuk dijadikan sebagai usaha sampingan di desa.

7. Pertanian Organik

pertanian organik

Pertanian dan peternakan merupakan salah satu usaha potensial yang ada di desa-desa berkembang. Jika Anda ingin menciptakan peluang usaha di desa, bisa dengan cara membuat pertanian. Nah, agar sedikit berbeda dengan pertanian pada umumnya, Anda dapat mencoba usaha pertanian organik.

Seperti yang kita ketahui, makanan organik mendapat minat lebih tinggi terutama karena makanan yang dibudidayakan dengan cara organik lebih sehat dan baik untuk dikonsumsi. Makanan organik juga banyak dicari di kota-kota besar dan umumnya harga jualnya lebih tinggi dibanding hasil pertanian pada umumnya.

8. Usaha Mebel

usaha mebel

Mebel merupakan salah satu barang yang mahal dan tinggi nilai jualnya. Usaha yang satu ini juga merupakan salah satu usaha populer di desa. Banyak sekali pengerajin mebel yang berasal dari desa. Para seniman ini juga mendapatkan sambutan yang cukup antusias, bahkan produk-produk mereka sudah banyak yang dipasarkan di kancah dunia.

Usaha mebel merupakan salah satu usaha potensial di desa. Dimana bahan baku pembuatannya kebanyakan juga berasal dari daerah pedesaan. Aneka perkakas yang terbuat dari kayu ini tidak hanya dipasarkan lewat offline, bahkan sekarang ini tersedia marketplaces yang menawarkan kemudahan jual beli produk mebel. Dengan kemudahan ini tidak heran jika bisnis mebel merupakan usaha rumahan yang lagi trend dan mendapat sambutan yang cukup tinggi di masa kini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*