Intip Yuk, Apa Saja Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa

usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Menjadi ibu rumah tangga dan mengurus keluarga selama 24 jam bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan bisnis. Ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Ada banyak usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang dapat dikerjakan untuk membantu keuangan keluarga.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa

Bagi Anda yang tinggal di desa, hal tersebut bukanlah hambatan untuk memulai usaha sampingan. Berikut beberapa usaha potensial di desa yang bisa dikerjakan, bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun:

1. Berkebun

berkebun

Pekarangan yang luas bisa menjadi ladang pemasukan bagi ibu rumah tangga. Selain menanamnya dengan sayuran untuk dikonsumsi sendiri, Anda juga bisa menjual hasil tanaman ke tetangga. Anda dapat menyesuaikan jenis tanaman sesuai dengan wilayah dan kondisi tanah. Jika Anda pandai merawatnya, bukan hal yang mustahil untuk bisa mendapatkan pundi – pundi rupiah yang banyak dari tanaman yang Anda rawat.

2. Bisnis Jasa PPOB

jasa ppob

Bisnis jasa PPOB (Payment Point Online Bank) merupakan salah satu bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Jika selama ini untuk membayar berbagai tagihan harus datang ke kantor pos, maka dengan adanya penyedia jasa PPOB maka hal tersebut tidak perlu lagi untuk dilakukan.

Bagi Anda yang berada di wilayah pedesaan, bisnis yang satu ini sangat recomended untuk di jalankan. Sebagai salah satu aplikasi yang melayani berbagai metode pembayaran, jasa PPOB mempermudah masyarakat untuk membayar berbagai tagihan seperti :

  • Pembayaran tagihan listrik/pembelian pulsa listrik
  • Membayar tagihan telepon
  • Membayar tagihan PDAM
  • Membayar langganan TV kabel
  • Membayar cicilan kendaraan
  • Membayar tagihan internet dan lain sebagainya.

Selain semua transaksi di atas, dengan adanya jasa PPOB, Anda bisa melakukan berbagai transaksi perbankan yang dilakukan dengan sistem online. Untuk menjalankan jasa tersebut, Anda juga tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Anda hanya memerlukan seperangkat komputer/laptop, koneksi intenet dan aplikasi PPOB.

3. Membuka Toko Kelontong

toko kelontong

Membuka toko kelontong adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan usaha sampingan di desa. Warung kelontong merupakan warung sederhana yang menyediakan berbagai macam keperluan sehari-hari. Berjualan di warung kelontong merupakan salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Meskipun tidak menjanjikan laba yang besar dan cepat. Namun dengan mengelola warung kelontong, maka hal itu memungkinkan Anda untuk memperoleh pemasukan terus setiap harinya. Agar warung tersebut disukai oleh konsumen, Anda harus memberikan pelayanan yang ramah kepada para pelanggan yang juga merupakan tetangga sendiri.

4. Membuka Usaha Menjahit

usaha menjahit

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, maka tak ada salahnya untuk membuka usaha jasa menjahit pakaian. Usaha menjahit merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang dapat ditekuni di desa. Meskipun tidak membutuhkan modal yang besar, namun untuk memulai usaha tersebut Anda memerlukan keterampilan khusus dalam hal menjahit dan tata busana.

Menerima usaha jahitan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Selain dapat dikerjakan dengan modal minimalis, usaha yang satu ini juga dapat diatur sendiri oleh pelaku usaha. Sebagai ibu rumah tangga dengan segudang aktifitas, menerima jahitan dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

5. Menjual Sarapan Pagi

jual sarapan pagi

Menjual sarapan pagi merupakan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Apabila Anda memiliki keterampilan dalam bidang memasak, Anda dapat menjual menu sarapan pagi. Aneka menu sarapan pagi dapat dijadikan acuan, mulai dari nasi uduk hingga berbagai jenis gorengan yang biasa dijadikan sebagai menu sarapan pagi di desa.  Situasi ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai ladang bisnis.

Untuk metode pemasarannnya sendiri dapat ditempuh dengan banyak cara. Mulai dari membuka warung sederhana di depan rumah hingga menitipkan makanan-makanan tersebut di kantin sekolah dan warung-warung terdekat. Usaha ini tentunya tidak akan mengganggu aktifitas Anda sebagai ibu rumah tangga, namun sangat potensial untuk menghasilkan uang tambahan.

6. Membuat Aneka Kue dan Jajanan Ringan

aneka kue dan jajanan ringan

Bisnis rumahan yang lagi trend pada masa kini adalah wirausaha kuliner. Untuk Anda yang memiliki waktu luang, Anda dapat memanfatkannya untuk berjualan aneka kue dan jajanan ringan. Aneka kue mulai dari kue basah, kue kering dan jajanan ringan dapat dikerjakan disela-sela waktu luang.

Jenis usaha sampingan ibu rumah tangga di desa ini memang membutuhkan kepiawaian dan kemahiran dalam hal memasak. Namun di era modern ini, mencari resep kue dan jajanan populer untuk usaha bukan lagi perkara yang sulit. Dengan peran internet, Anda dapat menemukan resep-resep tersebut dengan mudah.

Membuat aneka kue dan jajanan ringan ini merupakan peluang usaha ibu rumah tangga yang menjanjikan. Selain tidak memerlukan modal yang besar, metode pemasarannya cukup mudah. Anda dapat memulainya dengan skala kecil mulai dari menitipkannya ke warung-warung, pasar tradisional hingga kantin sekolah. Siapa tahu dengan dimulai dari usaha sederhana tersebut, dapat berkembang menjadi besar.

7. Usaha Catering

usaha catering

Lagi-lagi masih berkisar dengan usaha kuliner. Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam hal memasak, Anda dapat mencoba untuk menerima orderan catering. Tak perlu muluk-muluk, Anda dapat memulainya dengan menerima orderan skala kecil terlebih dahulu. Apabila makanan yang dimasak lezat dan memuaskan, tentu pelanggan akan terus berdatangan dengan sendirinya.

Apalagi di desa terkenal dengan promosi dari mulut ke mulut. Tidak perlu repot-repot mempromosikan, apabila produk yang dijual berkualitas maka lambat laun konsumen akan datang dengan sendirinya.

8. Menjadi Guru Privat

guru privat

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Karena banyak sekali cabang usaha yang memungkinkan anda untuk tetap bekerja dan berkarya meskipun hidup di desa. Bila anda memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni, Anda dapat mencoba untuk bekerja menjadi seorang guru private.

Menjadi guru private sangat recomended untuk dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Selain sangat fleksibel, menjadi guru private juga tidak akan mengganggu peran Anda sebagai seorang ibu rumah tangga.

9. Bisnis Online

bisnis online

Siapa bilang orang desa tidak bisa berkembang seperti orang yang hidup di perkotaan. Kecanggihan teknologi yang telah menjangkau hingga ke pedesaan dapat memungkinkan Anda untuk menjalankan berbagai bisnis dari rumah. Salah satunya adalah berdagang online.

Berbagai produk dapat dijual mulai dari tas, sepatu, pakaian hingga gadget. Anda dapat memanfaatkan sistem reseller dan dropshiper untuk menjalankan bisnis tersebut. Berdagang online sangat potensial untuk dijadikan sebagai ladang bisnis untuk ibu rumah tangga di desa. Selain lebih fleksibel, pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga yang mengurus anak dan keluarga juga tidak akan terganggu.

10. Membuka Usaha Jasa Pembuatan Mahar Unik

usaha pembuatan mahar unik

Bagi Anda yang senang dengan dunia seni dan kerajinan tangan, Anda dapat berkreasi dengan membuat aneka keterampilan, salah satunya adalah jasa pembuatan mahar unik. Di era modern ini, jasa pembuatan mahar unik sedang booming dan banyak diminati.

Usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak serta dapat dijadikan sebagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga di desa. Hanya saja, untuk membuka jasa pembuatan mahar unik ini anda perlu skill khusus dan latihan yang terus menerus. Berbagai macam jenis dan model-model mahar unik mulai dari gambar burung merak, buket bunga, ka’bah, bentuk masjid dan lain sebagainya dapat dipelajari dengan mudah melalui internet. Jadi, Anda hanya butuh tekad dan kemauan yang kuat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Ada banyak usaha sampingan untuk ibu rumah tangga di desa. Anda hanya perlu jeli untuk membidik usaha mana yang paling potensial untuk dijadikan sebagai ladang bisnis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*